Minggu, 03 Oktober 2010

Mimpi Nabi saw

Hadis riwayat Abu Musa ra.:
Dari Nabi saw. bahwa beliau
bersabda: Aku pernah
bermimpi seolah-olah
berhijrah dari kota Mekah
menuju ke suatu daerah
yang banyak pohon kurma.
Aku yakin itu adalah daerah
Yamamah atau daerah Hajar,
namun ternyata adalah
daerah Madinah yang dahulu
disebut Yatsrib. Dalam
mimpiku ini aku seakan-akan
menghunus sebilah pedang
tiba-tiba matanya menjadi
tumpul. Ternyata mimpi itu
adalah musibah bagi orang-
orang mukmin pada perang
Uhud. Kemudian aku ayunkan
sekali lagi dan ternyata
pedang itu kembali baik
seperti semula. Ternyata itu
adalah kemenangan yang
diberikan oleh Allah dan
bersatunya orang-orang
mukmin. Dalam mimpi itu aku
juga melihat seekor sapi,
Allah adalah Zat yang baik.
Ternyata itu adalah (isyarat)
sekumpulan orang-orang
mukmin pada perang Uhud.
Namun kebaikan Allah
datangnya masih nanti.
Balasan sebuah keyakinan
yang diberikan oleh Allah
setelah perang Badar.
(Shahih Muslim No.4217)
Hadis riwayat Ibnu Abbas ra.,
ia berkata:
Pada suatu hari Musailimah
Al-Kadzab datang ke Madinah
pada zaman Nabi saw. dan
berkata: Jika Muhammad
menyerahkan kepemimpinan
kepadaku sepeniggalnya
niscaya aku mau menjadi
pengikutnya. Lalu Musailimah
datang lagi (ke Madinah)
bersama beberapa orang dari
kaumnya kemudian Nabi saw.
dengan Tsabit bin Qais bin
syammas berangkat
menemuinya sambil membawa
sepotong pelepah kurma
sampai beliau berdiri di
hadapan Musailimah beserta
teman-temannya lalu
bersabda: Sekalipun kamu
meminta kepadaku sepotong
kayu ini, tidak akan aku
berikan kepadamu dan aku
tidak akan melanggar
perintah Allah dalam
berurusan denganmu. Jika
kamu berpaling, niscaya Allah
akan membinasakanmu.
Sesungguhnya aku telah
memimpikan kamu dan kamu
telah diperlihatkan kepadaku
dalam mimpi itu. Dan ini Tsabit
bin Qais yang akan
memberikan jawaban
kepadamu. Kemudian beliau
beranjak pergi meninggalkan
Musailimah. Ibnu Abbas
berkata: Aku bertanya
tentang sabda Nabi saw.:
Sesungguhnya aku telah
memimpikan kamu dan kamu
telah diperlihatkan kepadaku
dalam mimpi itu. Lalu Abu
Hurairah mengabarkan
kepadaku bahwa Nabi saw.
bersabda: Ketika sedang
tidur aku bermimpi melihat
sepasang gelang emas
berada di tanganku.
Sepasang gelang tersebut
sangat menarik perhatianku.
Dalam tidur aku mendapat
wahyu supaya meniup
sepasang gelang tersebut.
Setelah aku tiup ternyata
sepasang gelang tersebut
terbang. Aku tafsirkan mimpi
itu dengan akan munculnya
dua pembohong
sepeninggalku pertama
adalah Unsi dari daerah
Shan`a dan kedua adalah
Musailimah dari daerah
Yamamah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar